10 Khasiat Matahari Pagi

Sinar Matahari Pagi


Tahukah anda? Sinar Matahari adalah salah satu sumber kehidupan bagi makhluk hidup terutama manusia. Sumber kehidupan yang tidak dipungut biaya untuk dipakai. Banyak orang yang takut kulitnya akan menghitam jika terkena sinar matahari. Tapi perlu diketahui bahwa Sinar Matahari Pagi mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan. Mari simak 10 khasiat Matahari Pagi.

1. Vitamin D

Pada waktu sinar ultraviolet disaring di kulit, sinar tersebut merubah simpanan kolesterol di kulit menjadi Vitamin D. Menerima sinar matahari saja selama 5 meenit, sama dengan memberikan 400 unit vitamin D pada tumbuh anda. Vitamin ini meningkatkan penyerapan kalsium di usus dan transfer kalsium di membran sel yang berguna untuk kekuatan tulang.

2. Serotonin

Sinar matahari bisa merangsang produksi serotonin (neurotransmitter di otak yang mengatur suasana hati). Semakin tinggi serotonin yang dihasilkan maka suasana hati akan lebih positif.

3. Melawan Depresi

Sinar matahari melawan dan mengurangi depresi karena melepaskan endorfin yang berfungsi sebagai anti depresi alami.

4. Meredam Kolesterol Darah

Setelah kolesterol dibawah kulit diubah menjadi vitamin D, otak dan tubuh kemudian memberikan sinyal kepada kolesterol yang ada dalam darah untuk keluar menuju kulit. Karena itu kadar kolesterol dalam darah dapat terkontrol dengan baik.

5. Mengurangi Gula Darah

Sinar matahari adalah insulin alami yang memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal inilah yang merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glycogen, yang kemudian disimpan di hati dan otot.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sinar matahari meningkatkan produksi melatonin yang dibutuhkan agar kualitas tidur membaik. Melatonin diproduksi oleh kelenjar pineal, organ kecil seukuran kacang yang ditemukan di dasar otak.

7. Bermanfaat Untuk Perut

Sinar matahari baik untuk menambah nafsu makan, pencernaan dan proses metabolisme.

8. Meningkatkan Kebugaran Pernafasan

Meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan adalah salah satu kegunaan sinar matahari.Selain itu, sinar matahari juga mampu meningkatkan kebugaran pernafasan karena jumlah glikogen akan bertambah setelah berjemur dibawah terik matahari.

9. Meningkatkan Kekebalan

Saat kulit terkena sinar matahari, terjadi penambahan sel darah putih, terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Secara tidak langsung antibodi-pun akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan hingga 3 minggu. Menurut penelitian, 10 menit di bawah sinar matahari dapat mengurangi resiko terkena flu 30-40%.

10. Penawar Infeksi dan Pembunuh Bakteri

sinar matahari mampu membunuh bakteri penyakit, virus, dan juga jamur. pada perawatan TBC, erysipelas, keracunan darah, peritonisis, pneumonia, mumps, dan asma. Bahkan beberapa dari virus penyebab kanker dapat bibinasakan oleh sinar ultraviolet matahari.


Itulah 10 khasiat Sinar Matahari Pagi. Begitu bermanfaatnya sinar matahari untuk kesehatan. Karena itu, banyak-banyak lakukan terapi sinar matahari untuk menjaga kesehatan. tetapi jangan terlalu siang, karena sinar matahari dapat mengandung sinar ultaviolet yang berbahaya bagi tubuh.

Semoga Bermanfaat.